Perbedaan Bordir Manual dan Bordir Komputer

Emblem logo
bordir komputer emblem

Bordir adalah salah satu bentuk hiasan yang sering kita temui di baju yang pastinya membuat penampilan kita semakin menarik. Namun sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan bordir? Bordir adalah bagian dari sulaman yang menggunakan berbagai teknik jahitan. Hal ini lah yang menjadi nilai seni dari suatu bordir. Melalui bordir, kita bisa membuat berbagai pola seperti yang kita mau seperti motif gambar, huruf, ataupun berbagai ilustrasi lainnya. Bordir bukan saja hanya bisa kita aplikasikan pada baju, namun juga berbagai aksesoris lainnya seperti topi, handuk, sweater, dan lain-lain.

Berbagai Jenis Bordir

Sebelum membahasa perbedaan bordir manual dan komputer, seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, terdapat berbagai jenis bordir yang bisa kita dapatkan seperti bordir handuk, timbul, aplikasi. Bordir paling sering diminati adalah bordir manual dan bordir komputer. Meski sama-sama diminati, apakah ada perbedaan bordir manual dan bordir komputer? Jawabannya tentu saja ada! Nah berikut adalah beberapa keunggulan masing-masing bordir manual dan bordir yang harus kalian ketahui!

Baca juga:

MENGAPA BORDIR DI TEMPAT KAMI??

Keunggulan Bordir Manual

Bordir manual yaitu proses pegerjaaanya dengan meggunakan mesin kecil. Karena masih manual maka proses pegerjaannya cukup lama. Proses pembuatan bordir manual yaitu pertama cukup siapkan gambar desain yang sudah di setting lalu di print sesuakan dengan skala yang kita inginkan. Untuk lebih mudahnya print 2 lembar, 1lembar gambar hitam putih (untuk proses penjiplakan/tracing dari kertas ke bahan yang akan dibordir) dan yang satu berwarna (untuk acuan warna dalam proses bordir).

Pembuatan bordir manual dalam jumlah yang sedikit harganya cukup murah disbanding dengan bordir komputer. Namun dalam jumlah banyak bordir manual harganya menjadi lebih mahal dan tentunya proses juga lebih lama. Hasil bordir yang satu dengan yang lain juga cenderung tidak bisa sama persis, karena walau dikerjakan ileh satu orang yang sama hasilnya bisa berbeda. Untuk tingkat kekutan hasil bordir manual cenderung lebih kuas, tidak mudah rusak, dan untuk para pecinta karya handmade tentunya lebih suka menggunakan bordir manual untuk membuat bordir.

Karakteristik bordir manual

Bordir manual merupakan jenis bordir yang sederhana dan hasil dari kualitas bordir manual ini tergantung pada kehalian pembuatnya serta tentu saja kualitas mesin bordir yang digunakan. Beberapa karakteristik bordir manual lainnya adalah sebagai berikut:

  • Bordir manual biasanya dilakukan ketika jumlah pesanan bordir dari pelanggan hanya sedikit. Contohnya saja apabila jumlah pesanan itu di bawah 12 buah. Bordir manual biasanya diaplikasikan pada bordir nama ataupun bordir topi.
  • Merupakan jenis bordir yang hanya diproduksi dalam jumlah terbata. Hal ini lah yang membuat bordir manual diminati oleh masyarakat. Meskipun dibuat dengan pola yang sama, antara bordir manual satu dengan bordir manual lainnya tidak akan sama persis.
  • Kurang cocok untuk digunakan dalam partai besar karena waktu pengerjaannya yang lama. Apabila dikerjakan buru-buru maka hasilnya pun akan kurang maksimal – contohnya saja hasil bordiran akan terlihat kurang rapi.
  • Meskipun mungkin terjadi sedikit kesalahan dalam bordir manual, kita tidak perlu repot menggunakan desain komputer dan sebaliknya kita hanya perlu mencontoh desain bordir yang kita mau.
Contoh Polo Bordir Berkualitas Produksi Bordir Komputer Semarang

Keunggulan Bordir Komputer

MENGENAL BORDIR KOMPUTER DAN JENISNYA

Ini adalah gambar proses dimana mesin sedang berjalan mengerjakan bordir komputer
Ini adalah gambar proses dimana mesin sedang berjalan mengerjakan bordir komputer

Bordir komputer dikerjakan dengan mesin bordir komputer. Prosesnya lebih cepat, hasilnya lebih rapi dan sama persis. Biasanya dipakai saat pembuatan logo suatu instansi/komunitas baik di polo,kemeja,jaket, tas , dll. Kelebihan bordir komputer adalah jika untuk memproduksi bordir dalam jumlah banyak dan hasilnya sama, harganya lebih murah, hasilnyapun lebih rapi dan kombinasi warna benangnya lebih banyak.

Bordir mesin komputer memanfaatkan teknologi komputer untuk membuat desain dan mesin untuk membordir sehingga hasil bordir yang dihasilkan lebih rapi dan mampu memproduksi dalam jumlah yang banyak. Saat ini, banyak usaha konveksi yang mulai memanfaatkan bordir jenis ini karena harga produk yang dihasilkan lebih murah daripada bordir manual.

Proses bordir dengan komputer memang sedikit lebih rumit karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui dulu sebelum mulai menjalankan mesin bordir komputer, antara lain:

  • Siapkan desain menggunakan software design, seperti Adobe Photoshop, Corel Draw atau Ms Word.
  • Selain menggunakan software design, Anda juga bisa menggunakan desain yang digambar secara manual dengan tangan. Anda tinggal scan gambar desain tersebut untuk memindahkannya ke komputer.
  • Di dalam software desain bordir, Anda bisa mengatur tebal tipisnya benang, dan alur gerakan benang.
  • Desain yang sudah dibuat di dalam software desain bordir ini kemudian disebut dengan nama film bordir atau punching. Di sini Anda bisa melihat jumlah tusukan (stitch) yang harus dibuat dan berapa estimasi biaya untuk membuat desain bordir tersebut.

Salah satu bisnis konveksi yang juga menawarkan produk dengan bordir komputer adalah Kaoskubagus.com yang berlokasi di Jalan Sompok Baru No. 106 Semarang. Banyak konsumen yang lebih memilih produk dengan bordir komputer karena lebih cepat, lebih murah, dan pilihan warnanya lebih banyak. Inilah yang membuat bordir jenis ini semakin populer, terlebih saat menjelang masuk sekolah, bulan Agustus, tahun politik, reuni dan semacamnya. Permintaan produk bordir sebagai identitas diri atau komunitas tentu semakin meningkat pesat, seperti kemeja, kaos, bendera, jaket, topi, dan merchandise.

Berikut ini beberapa contoh portofolio kami yang menggunakan Teknik bordir komputer:

1. Bordir Polo Shirt

Desain bordir komputer polo shirt

Polo shirt ini menggunakan kombinasi dua kain berwarna putih dan merah. Tulisan dan gambar desain di bagian depan menggunakan teknik bordir komputer. Benang yang digunakan pada sudut kiri atas ada 2 warna, yaitu hitam dan merah Sedangkan logo di bagian kanan atas menggunakan 3 warna benang, yaitu merah, hitam dan putih.

2. Bordir Kemeja

Desain bordir komputer kemeja

Kemeja di atas hanya menggunakan 1 warna benang, yaitu warna putih dengan ukuran desain bordir kecil. Ukuran bordir di kaoskubagus.com ada 5 macam, yaitu bordir kecil (< 100 cm2); bordir sedang (> 100 cm2); bordir besar (> 200 cm2); bordir lebih besar (> 300 cm2); bordir lebih besar lagi (> 400 cm2).

3. Bordir Handuk

Desain bordir komputer handuk

Produk berikutnya adalah handuk. Ukuran desain gambar di atas handuk tersebut adalah bordir kecil dengan 4 warna benang, yaitu hijau muda, merah, kuning, putih, dan merah..

4. Bordir Jaket

Desain bordir komputer jaket

Jaket di atas dibordir dengan ukuran desain sedang di bagian kiri atas dengan satu warna benang saja, yaitu merah.

5. Bordir Logo/ Emblem

Desain bordir komputer logo

Logo/ emblem di atas dibordir dengan full benang dan dengan empat warna benang, yaitu hijau muda, abu-abu, emas, hitam dan kuning. Untuk membuat logo/ emblem, konsumen bisa memesan desain tidak blok. Emblem ini sebagai alternatif untuk ditempel/ dijahit ke atas kemeja atau kaos seragam suatu komunitas. Cara penghitungan biaya bordir emblem adalah luas area bordir dikalikan jumlah benang yang digunakan.

Karakteristik Bordir komputer

Namun lain halnya jika memesan bordir dalam jumlah sedikit dengan pengerjaan bordir computer justru harganya lebih mahal. Dalam pengerjaan bordir computer sebelumnya desain bordir diolah dengan aplikasi khusus pembuat desain bordir computer. Aplikasi yang umumnya digunakan adalah Wilcom Tajima dengan berbagai macam versi yang berbeda. Disebut dengan film pancing yang nantinya film yang berupa file yang disimpan dengan format tertentu tersebut dimasukan kedalam head mesin bordir computer. Secara otomatis mesin bordir kimputer akan mengatur margin, penyesuaian warna benang terhadap desain yang telah dibuat, jenis, arah tusukan, menggunakan berapan jumlah tusukan, semua akan disesuaikan dalam mesin bordir computer tersebut, baru proses bordir akan dimulai pada area kain yang sudah ditentukan.

Pada bordir komputer  terdapat 2 jenis tusukan utama, yaitu:

  • Tusuk

Biasanya tusuk lurus ini digunakan untuk membuat kerangka atau dasar motif desain bordir, untuk membuat isi pada motif, untuk mengisi bidang yang lebar, dan untuk membuat motif yang berupa garis (garis lurus maupun lengkung)

  • Tusuk Zig-Zag.

Digunakan untuk bermacam bentuk motif, bisa berupa garis, bentuk flora fauna, bentuk geometris, dan sebagainya.

Seperti namanya, jenis pengerjaan bordir yang satu ini sudah menggunakan komputer yang hasilnya akhirnya akan terlihat lebih rapi dan detail daripada kita jenis bordir manual. Berikut adalah beberapa karakteristik bordir komputer lainnya yang harus kalian ketahui:

  • Pengerjaan bordir komputer jauh lebih cepat daripada bordir manual, bahkan hasil bordir komputer jauh lebih akurat dan tepat sesuai dengan desain bordir yang kita inginkan.
  • Bordir komputer sangatlah cocok untuk digunakan dalam penggunaan seragam, di mana hal ini menekankan pada hasil produksi yang sama persis antara satu dengan lainnya.
  • Cocok untuk digunakan mereka yang butuh bordir dalam jumlah besar. Hal ini karena pengerjaan bordir komputer yang jauh lebih singkat daripada bordir manual.
  • Harga bordir komputer lebih mahal daripada bordir manual dan hal ini akan semakin terasa apabila kita hanya memesan bordir komputer dalam jumlah yang sedikit.
  • Bisa dilakukan desain yang sulit di mana hal ini biasanya juga merupakan sebuah kesulitan untuk bordir manual.
  • Mesin bordir akan beroperasi secara otomatis ketika kita sudah memasang desain pada komputer bordir tersebut dan kita hanya perlu menunggu mesin bordir berhenti otomatis yang menandakan jika proses membordir sudah selesai.

Cara membedakan apakah bordir itu menggunakan bordir komputer atau manual

Bordir manual dengan tangan mengandalkan keterampilan dan kreativitas tangan untuk mengerjakannya. Oleh karena itu, bordir manual dengan tangan umumnya membutuhkan waktu yang lebih banyak atau lebih panjang dalam pengerjaannya. Sementara itu, bordir manual menggunakan mesin dan bordir komputer membutuhkan waktu produksi yang lebih cepat karena mesin bisa bekerja lebih cepat untuk merajut motif bordir. Oleh karena itu, bordir dengan mesin tersebut cocok digunakan untuk membuat bordir dalam skala produksi yang banyak karena membutuhkan waktu produksi yang lebih singkat. Karena dikerjakan dengan cara yang berbeda, maka bordir tangan dan bordir mesin tetap memiliki perbedaan, meskipun hanya perbedaan kecil. Untuk itu, berikut ini diuraikan beberapa cara membedakan bordir tangan dan manual yang didasarkan pada berbagai faktor.

Perhatikan Bagian Belakang Kain

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengetahui perbedaan bordir tangan dan bordir mesin adalah dengan memperhatikan bagian belakang kain yang dibordir. Bordir manual dengan tangan biasanya tidak menggunakan landasan berupa kertas pada bagian belakang kain yang dibordir. Sementara itu, bordir manual dengan mesin dan bordir komputer ada yang menggunakan landasan berupa kertas di bagian belakang kain yang dibordir supaya kain tidak mengkerut saat bersentuhan dengan jarum dan benang dengan kecepatan tinggi.

Jeda Jahitan

Perbedaan bordir tangan dan bordir mesin juga bisa dilihat dari jeda jahitan. Bordir manual dengan tangan biasanya memiliki jeda jahitan antara objek atau warna satu dengan lainnya karena benang akan tampak menggantung saat pembordir berganti warna atau berganti benang. Sementara itu, jeda benang atau warna pada bordir yang dikerjakan dengan mesin biasanya tidak terlalu terlihat karena mesin mampu menjahit pola atau desain bordir dengan detail.

Ketebalan Kain

Cara membedakan bordir tangan dan mesin juga bisa dilakukan dengan memperhatikan ketebalan kain. Bordir manual yang dikerjakan dengan tangan biasanya bisa diterapkan pada kain yang memiliki tekstur tebal. Sementara itu, bordir manual dengan mesin dan bordir komputer biasanya diterapkan pada kain yang lebih tipis. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini sudah tersedia mesin bordir yang bisa menembus kain yang cukup tebal sehingga bisa digunakan untuk membordir pada kain yang tebal sekalipun. Oleh karena itu, untuk membedakan hasil bordir tangan dan mesin membutuhkan kejelian yang cukup tinggi.

Itulah beberapa cara membedakan bordir tangan dan mesin yang bisa Anda praktikkan. Membedakan hasil bordir tangan dan mesin memang cukup sulit dan membutuhkan ketelitian khusus. Walaupun begitu, bordir yang dikerjakan dengan tangan maupun dengan mesin sama-sama memiliki kualitas dan tampilan yang rapi, kuat, dan halus. Hanya saja, proses pengerjaan bordir manual dengan tangan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jasa bordir yang bisa Anda pilih untuk memesan beragam pola atau desain bordir adalah Bordir Baju. Bordir Baju melayani pemesanan bordir dengan desain dan ukuran sesuai kebutuhan dan permintaan konsumen. Proses pembuatan bordir di Bordir Baju menggunakan teknik bordir komputer, bordir manual, atau gabungan dua teknik tersebut. Informasi seputar cara pesan bordir bisa Anda peroleh di sini.

Buat Bordir Terbaik di Bordir Komputer Semarang

Pastinya sekarang sudah lebih paham mengenai perbedaan bordir manual serta bordir mesin bukan? Kita juga bisa membordir pakaian pada Bordir Komputer Semarang. Pada jasa bordir ini, kita bisa membuat bordir nama, bordir handuk, ataupun untuk bordir emblem. Menariknya lagi, kita akan mendapatkan bonus bordir ketika kita memesan baju tertentu pada Bordir Komputer Semarang. Hal ini merupakan suatu keuntungan untuk kita. sangatlah menarik bukan untuk bordir pakaian kalian di Bordir Komputer Semarang? So, tunggu apalagi untuk berkunjung ke Bordir Komputer Semarang?  

Mesin Bordir Hybrid

Di antara mesin bordir komputer dan bordir manual ada lagi jenis mesin bordir tengah2 nya, yaitu mesin bordir semi komputer. Dikatakan semi komputer karena, pengerjaan memang menggunakan komputer, otomatis, namun hasil tipis dan tidak setebal dan serapi bordir komputer, masih ada setingan manual, dan penggantian benang per benang yang dilakukan secara manual.

Beberapa Contoh Mesin Bordir Semi Komputer

  • Juki HZL K85-XT

Mesin bordir ini memiliki kinerja yang sangat jitu, di mana hal ini dibuktikan dengan mampu menciptakan 720 jahitan tiap menitnya dengan suara yang minim alias tidak berisik. Menariknya lagi,  mesin ini juga sudah dilengkapi 150 pola jahitan yang pastinya akan membuat bordoran kita semakin terlihat menarik. satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan adalah adanya hard case yang mampu menjaga mesin supaya lebih awet dan mesin jahit akan semakin mudah untuk dipindahkan.  

  • Brother FS101

Mesin bordir yang satu ini bisa dibilang sudah cukup canggih  karena proses kerjanya yang melalui layar LCD, dikendalikan dengan tombol mulai dan selesai bahkan kita tidak perlu lagi repot menginjak pedalan kaki untuk mengoperasikannya. Kecepatan mesin bordir ini bisa mecapai 900 jahitan tiap menitnya dengan suara mesin yang minim alias tidak berisik.

  • Singer Futura XL580
Singer Futura XL580

Mesin bordir yang satu ini bisa dibilang sebagai mesin bordir terbaik karena banyaknya inovasi yang hanya bisa kita temukan pada mesin bordir ini. contohnya saja mesin bordir Singer Futura sudah dilengkapi dengan 215 pola jahitan, 230 pola bordir, 3 hoop untuk bordir, serta 5 jenis huruf alfabet. Menariknya lagi, pemasangan benang dan jarum pun bisa dilakukan secara otomatis yang berarti proses bordir akan semakin cepat selesai.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.